Khatam Al-Qur’an




Assalamualaikum akhwat dan ikhwan.

Di bulan puasa ini, apa yang ingin kalian lakukan? Main game sambil nunggu buka puasa, belajar, jalan-jalan, tidur, olahraga, atau yang lainnya?. Dari pada pusing pusing mendingan kita baca Al-qur’an aja. Ya mumpung di bulan puasa ini kita perbanyak bacaan Al-qur’an kita. Jadi ingat dulu kalo ngomongin Al-Qur’an di bulan puasa. Waktu itu pas bulan puasa gw kalo baca Al-Qur’an itu pake target. Dan kalo ga salah gw juga udah pernah nulis tentang cara khatam Al-Qur’an.

Jadi disini gw mau bagi tips ni buat para pembaca (kaya ada yang baca aja). Tips yang bisa kita pakai adalah dengan menentukan seberapa banyak bacaan Al-Qur’an yang akan kita baca setiap harinya. Misalnya ni setiap harinya kita baca Al-Qur’an dengan patokan lembar, juz, surah, ayat, atau yang lainnya. Terserah kalian mau pakai yang mana yang jelas cara tersebut bisa buat kalian semangat kalau baca Al-Qur’an.

 

Gw ada tips ni buat pembaca (untuk Al-Qur’an 1 juz = 10 lembar).

1.      Membaca Al-Qur’an 2 lembar setelah selesai shalat (menggunakan Al-Qur’an 1 juz = 10 lembar). Kalau kita pake cara ini bisa diitung ni, shalat wajib yang kita laksanain kan ada 5 jadi, setiap selesai shalat wajib kita baca Al-Qur’an 2 lembar.

 

Subuh     = 2 lembar

Dzuhur   = 2 lembar

Ashar      = 2 lembar

Maghrib = 2 lembar

Isya         = 2 lembar

Jadi, kalo sehari setiap kita selesai shalat membaca 2 lembar Al-Qur’an kita dalam 1 hari bisa menyelesaikan 1 juz, dan apabila dikali 1 bulan maka kita dalam 1 bulan bisa menyelesaikan 30 juz. Itu masih yang shalat wajib, belum lagi kalo kita mau melaksanakan shalat sunnah yang lainnya.



2.       Membaca Al-Qur’an 5 lembar setelah selesai shalat. Masih sama caranya dengan yang diatas, bedanya Cuma pada jumlah lembarnya aja.


Subuh     = 5 lembar

Dzuhur   = 5 lembar

Ashar      = 5 lembar

Maghrib = 5 lembar

Isya         = 5 lembar

Dengan menggunakan cara ini kita bisa lebih banyak memperoleh bacaan Al-Qur’an kita. Hehe bisa diitung sendiri kan itu dalam 1 bulan bisa dapat berapa kali khatam.


3.       Membaca Al-Qur’an 10 lembar setelah selesai shalat, wwaaahhhhh jadi setiap shalat bisa dapat 1 juz (semua shalat 10 lembar kecuali shalat maghrib yaitu 5 lembar).


Subuh     = 10 lembar (1 juz)

Dzuhur   = 10 lembar (1 juz)

Ashar      = 10 lembar (1 juz)

Maghrib = 5 lembar

Isya         = 10 lembar (1 juz)

Menggunakan cara ini kita bisa lebih banyak mendapatkan bacaan Al-Qur’an. Namun yang harus diperhatikan adalah jumlah dari bacaan disini banyak yaitu sekitar 10 lembar.


Itulah tadi tips dari gw tentang cara khatam Al-Qur’an. Mungkin dari kalian ad yang mempunyai cara yang lain yang mungkin lebih efektif bisa ditulis di kolom komentar okee. (kalo ada yang baca).


Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum.


Sumber: Miftakhul khoir

              kiblat.net

6 comments:

  1. Thanks ilmunyaa khoirrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga tambah semangat membaca Al-Qur'an

      Delete
  2. Makasi banyak tipsnyaa, sangat bermanfaat. Semangat terus ya nulisnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp makasi juga ya udah disemangatin, tungguin ya tulisan selanjutnya

      Delete