Deja vu



Fenomena yang mungkin hampir semua orang mengalaminya, yaitu deja vu.


Mengutip dari Wikipedia, Déjà vu, dari bahasa Prancis, secara harfiah "pernah dilihat", adalah fenomena merasakan sensasi kuat bahwa suatu peristiwa atau pengalaman yang saat ini sedang dialami sudah pernah dialami di masa lalu. Déjà vu adalah suatu perasaan telah mengetahui dan déjà vécu adalah sebuah perasaan mengingat kembali.


Baca juga : Memutar Waktu


Pernah dilihat, tidak hanya dilihat melainkan bisa kita rasakan melalui media yang lainnya, seperti musik, parfum, tempat, seseorang dan yang lainnya.


Musik


Melalui media ini kita lebih sering merasakan sesuatu yang pernah terjadi saat kita mendengarkan musik. Contohnya saat kita sedih dan saat itu pula kita mendengarkan lagu dari Skinnyfabs - ghost. Lagu yang penuh dengan kenangan, nanti apabila kita sudah bisa tersenyum dan kembali ceria lagi, tapi kita tidak sengaja memutar lagu tersebut maka suasana sedih akan kembali lagi seperti pada waktu itu. Mengingat kembali peristiwa sedih yang membuat kita frustasi hilang tanpa arah.


Tapi tidak hanya sedih yang bisa kita rasakan. Sebaliknya, saat kita senang dan mendengarkan lagu dari J-Rocks - Ceria. Maka suatu hari nanti saat kita mendengarkan lagu itu maka kenangan kebahagiaannya akan kita rasakan kembali.


Masih banyak lagu yang memiliki kenangan di dalam hidup kalian masing-masing. Jadi, lagu apa yang membuat kalian ingat akan kesedihan?


Parfum


Bau wewangian bisa mengingatkan kita kepada peristiwa yang sudah pernah kita alami sebelumnya. Contohnya mungkin saat kita sekolah menggunakan parfum A dan saat di rumah menggunakan parfum B selanjutnya saat jalan-jalan menggunakan parfum C. Semua memiliki cerita tersendiri dalam hidup kita. Tergantung momen apa yang melekat sampai kita tidak bisa melupakan wangi dari cerita masalalu. Seperti lagu Abadi




Tempat


Seperti di dalam cerita, latar tempat sangat penting karena di situlah banyak terjadi adegan ataupun kejadian yang bisa saja menjadi sejarah dalam hidup kita.


Yang paling sering adalah tempat makan. Tempat biasa orang berkumpul untuk bertemu maupun beristirahat. Tempat makan pasti menyediakan makanan yang justru menambah daya ingat kita terhadap masa lalu yang pernah kita alami. Baik dengan teman, pacar, keluarga, ataupun dengan orang random yang lainnya.


Semua kejadian bisa mengingatkan kita kepada masa lalu yang sudah pernah kita tulis dalam diri kita tanpa adanya kertas maupun pena. Tulisan di dalam diri kita sangat permanen dan sulit untuk dihapus. Lebih tepatnya sudah terpahat dan lebih parahnya sudah tertanam dalam jiwa kita.


Mengingat sudah pasti kita lakukan. Tapi tidak semua harus kita ingat dan malah jadi pemghambat untuk kita maju ke depannya.


Tulisan ini saya tulis dalam keadaan mode ngantuk (koreksi bila ada kesalahan)


Sumber : 

0 Comments:

Post a Comment