Membuang Waktu


Assalamualaikum akhwat dan ikhwan kembali lagi sama gue yang gini-gini aja. Hari ini gue mau ngomongin tentang "Membuang Waktu".
Memang membuang waktu itu sia-sia karna kita membuang waktu bukan memanfaatkan waktu. Mungkin kalian juga pernah membuang waktu yang sebenernya bisa jadi waktu itu beharga kalo kalian memanfaatkannya dengan benar.

Jangankan kalian, gue juga pernah membuang waktu atau yang biasa kita sebut itu "menyia-yiakan waktu". Setiap hari Minggu contohnya, gue di hari itu bingung mau ngapain.

Bangun pagi nungguin film kartun habis itu bingung mau ngapain lagi. Sebenernya kalo gue bisa memanfaatkan waktu dengan bener, bisa aja gue ngisi waktu luang gue tadi yang bingung mau ngapain jadi gue isi dengan shalat duha, baca Al-Qur'an, shalawatan, nyuci baju, nyuci piring, dll.

Sungguh kita itu memang berada dalam kerugian kalo kita tidak bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut sudah ada didalam Al-Qur'an surah Al-Asr ayat 2

ﺇِﻥَّ ٱﻹِْﻧﺴَٰﻦَ ﻟَﻔِﻰ ﺧُﺴْﺮ

Yang artinya: Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
Ya memang manusia dalam kerugian, tapi bukan semua orang tersebut merugi.

ﺇِﻻَّ ٱﻟَّﺬِﻳﻦَ ءَاﻣَﻨُﻮا۟ ﻭَﻋَﻤِﻠُﻮا۟ ٱﻟﺼَّٰﻠِﺤَٰﺖِ ﻭَﺗَﻮَاﺻَﻮْا۟ ﺑِﭑﻟْﺤَﻖِّ ﻭَﺗَﻮَاﺻَﻮْا۟ ﺑِﭑﻟﺼَّﺒْﺮ

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Ya orang berimanlah berarti orang yang tidak merugi. Disini dalam pembahasan gue mengenai "Membuang Waktu" ini, kalo kita tidak ingin menjadi orang yang merugi dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya maka kita haruslah menjadi lebih baik dari pada biasanya dan memanfaatkan waktu dengan sebaiknya dan jadilah pribadi yang beriman kepada Allah SWT.

Bisa juga kita kalo tidak ingin membuang waktu, kita juga bisa:

1.Mencari kegiatan yang positif.

Mencari kegiatan yang positif itu semisal kita mengikutu ekstra pramuka, silat, drumband dll.

2.Mencari teman bermain.

Kita juga bisa mencari teman untuk diajak bermain, ya mainnya seterah bisa main karet, klereng dan mungkin main mbek mbek an (mainannya bapak Sulaiman dulu). Yang penting dalam permainan itu melibatkan teman.

3.Belajar kelompok.

Belajar kelompok dengan teman kita, bisa meningkatkan ingatan dan kemampuan kita dalam belajar. Belajar itu memang suatu kewajiban bagi kita sekarang ini, belajar juga bisa membuat kita pandai apalagi kira kalo belajar kelompoknya dengan orang yang pintar disitulah kita saling berbagi informasi tentang cara belajar dan yang lain sesuai dengan pembahasan pe.belajaran teraebut.

4.Membantu orang tua.

Yah bantu orang tua lagi. Mungkin diantara kalian ogah membantu orang tua alasannya capeklah maleslah. Padahal dengan membantu orang tua bisa aja kita dapat pengalaman yang baik untuk masa depan kita yang lebih baik. Selain mendapatkan pengalaman kita juga bisa mendapatkan pahala bila kita menjalankannya dengan ikhlas.

5. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memang nasih banyak yang dapat silakukan kita untuk mengisi waktu yang luan agar waktu itu tidak sia-sia.

Mungkin itu aja yang gue dapat sampein ke kalian semoga bermanfaat bagi gue sendiri dan bagi yang baca artikel gue kali ini. Ya udah kalo udah ya udah.

Wassalamualaikum.

0 Comments:

Post a Comment