PANDU DIGITAL - 1442 H #16

Hari ini saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan WEBINAR DAN LOKAKARYA PANDU DIGITAL dengan tema "Peran Pandu Digital dalam Mendampingi Desa Digital".


Saya yang masih tidak tahu apa-apa atau bisa dikatakan awam karena saya baru pertama bergabung, saya hanya ikut mendengarkan dan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh narasumber.

Event ini dilaksanakan pada hari Rabu 28 April 2021. Dalam pelaksanaannya, dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama webinar, pukul 09:00 - 12:00 WIB. Dan sesi kedua yaitu workshop, pukul 13:00 - 15:30 WIB.

Pendaftaran


Sebelum acara dimulai kita diwajibkan dulu untuk mendaftar di situs pandu.kominfo.go.id

Setelah itu kita pergi ke halaman profil untuk melengkapi profil kita. Mulai dari nama, jenis kelamin, domisili dan lainnya.

Pemilihan Event



Setelah proses pendaftaran sudah kita selesaikan, selanjutnya kita harus memilih event untuk kita ikuti. Banyak event yang sudah disediakan. Saya memilih event "Peran Pandu Digital dalam Mendampingi Desa Digital" karena ada yang membagikan info di grub blogger. Saya beranikan diri untuk mencoba dan akhirnya ketagihan juga.

Event telah kita pilih, langkah selanjutnya adalah menunggu waktu yang sudah ditentukan oleh panitia.

Acara Dimulai


Waktu yang ditunggu sudah tiba. Acara dimulai dengan masuknya para partisipan di seluruh Indonesia. Tapi saya tidak bisa memastikan semua ikut atau tidak.

Adapun sususan acaranya sebagai berikut:

Dalam webinar ini banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dan rasanya ingin diterapkan di desa saya.


Workshop


Dalam workshop, kita diharuskan memilih workshop yang sudah ditentukan. Dalam event ini ada 3 workshop yaitu, Produk Desa Cantik UMKM Bangkit, Bangun Desa Dengan Jurnalisme Warga, Sistem Administrasi Desa Digital dengan OpenSID. Di sini saya melilih workshop yang pertama yaitu Produk Desa Cantik UMKM Bangkit.

Setelah narasumber sudah menerangkan selanjutnya kita mengerjakan test yang sudah disediakan. Dan alhamdulillah saya lulus dan mendapatkan sertifikat kelulusan sebagai PANDU DIGITAL.


Oh iya saya lupa, sebelumnya setelah acara webinar tadi selesai, kita diwajibkan untuk mengerjakan test yang sudah diberikan dengan memasukkan token. Bagi yang berhasil maka akan lanjut ke workshop dan bagi yang tidak berhasil atau tidak lolos maka diberikan sertifikat peserta seminar.

Catatan: 28 April 2021

0 Comments:

Post a Comment