Salah Menilai


Assalamualaikum...
Melihat sesuatu yang tidak kita sukai itu bisa membuat kita jengkel dan marah. Baik itu mulai dari hal yang sepele, sampai ke hal yang besar. Tapi apakah kita pernah berfikir kalau ternyata yang kita lihat itu salah dan tidak sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya?

Contoh yang paling mudah adalah saat kita melihat kesalahan orang lain. Dengan melihat kesalahan mereka seolah-olah kita menganggap mereka penuh dengan kesalahan dan tidak ada kebaikan dalam dirinya. Padahal kita tidak sepenuhnya tahu kalau dia melakukan kesalahan atas kehendaknya sendiri atau mungkin bisa saja karena ketidaksengajaan.

Baca juga : Dia Baik

Saat bertemu dengan teman kita, kita sudah menegur mereka tapi, mereka tidak merespon dan malah mengabaikan kita. Disaat yang bersamaan kita pasti berfikir bahwa dia sudah melakukan kesalahan karena mengabaikan teguran kita. Atau ada lagi seperti saat kita melihat seseorang dengan raut wajah yang mungkin menurut kita orang itu galak dan tidak bersahabat. Seolah-olah kita menjadi dendam kepada mereka karena menurut kita mereka membuat kesalahan.

Padahal yang sebenarnya terjadi belum tentu sama dengan apa yang kita fikirkan. Mungkin kita akan malu setelah kita mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. Tidak perlu cepat-cepat menarik kesimpulan, karena mungkin apabila kita bisa sedikit sabar menunggu, semua akan terjawab tanpa kita harus mencari jawabannya.

Terkadang kita hanya menilai seseorang saat pertama kali melihat. Padahal kita belum tahu seutuhnya mereka itu seperti apa. Ini aku pernah ngalamin hehe.

Wassalamualaikum.

Sumber : Miftakhul Khoir

0 Comments:

Post a Comment